Kamis, 15 Maret 2012

Uji Daya Cengkeram Bridgestone Dueler A/T 697

imgKarawang - Saat peluncuran Bridgestone Dueler A/T 697, PT Bridgestone Tire Indonesia memberikan kesempatan untuk merasakan daya cengkeram ban tersebut. Alasan kontur jalan di Indonesia yang jelek membuat ban yang mampu melahap segala medan menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan.

Dalam kesempatan kali ini detikOto pun mengendarai 4 kendaraan Fortuner, dengan menggunakan 2 varian ban berbeda, dalam 2 lintasan dengan halangan berbeda di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat.


Kesempatan pertama detikoto harus akan merasakan Bridgestone Dueler A/T 697 dengan tantangan onroad untuk merasakan keredaman suara dan cengkraman tinggi yang mampu menambah akselerasi saat berlari seperti yang diklaim Bridgestone.

Kesan pertama benar saja, suara nyaris tidak terdengar dirasakan detikoto saat menginjak gas untuk melaju. Tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi kelengketan ban Bridgestone satu ini. Mobil pun terus digeber.

Akhirnya detikoto bertemu dengan tikungan, pada kecepatan 65 km/jam sangat terasa ban menempel meski ditikungan sekali pun. Selanjutnya detikOto melakukan slalom dengan meliak-liuk menghindari rintangan yang ada. Alhasil lagi-lagi kelengketan ban sangat terasa dan membuat detikOto merasa nyaman dan aman di saat berkendara.

Selanjutnya rintangan bergerigi dan jalanan yang dibeton (bukan aspal) juga disediakan dan siap diuji. Sama sebelumnya kelengketan ban membuat kendaraan ini tetap jalan dalam keadaan stabil.

Sesi kedua, detikOto menggunakan kendaraan yang sama Toyota Fortuner dengan menggunakan ban dari kompetitor.

Pedal gas kendaraan pun ditekan, kendaraan terasa melayang sedikit. Sehingga setiap getaran sangat terasa disaat melalui setiap rintangan yang ada di onroad yang telah disediakan.

Saatnya mencoba medan offroad atau tanah yang telah dipenuhi air dan bebatuan. Pertama kali detikOto menggunakan Toyota Fortuner dengan menggunakan ban kompetitor. Dan melalui test pemutar roda Verricom, ban kompetitor mampu melewati medan berat 0-30 km/jam dengan memakan waktu hingga 7,87 detik dengan jarak 26,8 meter.

Saatnya detikOto menggunakan ban Bridgestone dan melintasi jalur offroad. Berdasarkan data test pemutar roda Verricom, rintangan tanah dan berbatu untuk jarak 0-30 km/jam diselesaikan dalam waktu 4,93 detik dengan memakan jarak hingga 21,9 meter.

Hal ini menunjukkan ban Bridgestone Dueler A/T 697 mampu lebih menempel di lintasan, sehingga mampu melaju dengan cepat. Dan Ban ini pun tersedia dalam ukuran R14-R17.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar