Kamis, 15 Maret 2012

Bikin Mobil Formula, Mahasiswa ITB Habiskan Rp 690 Jutaan

img
Jakarta - Institut Teknologi Bandung (ITB) sudah memastikan mengikuti ajang perlombaan Formula SAE di Aino City, Shizuoka-ken, Jepang, pada 3-7 September 2012. Tahap persiapan yang dilakukan pihak ITB sudah memasuki tahap perampungan.

Nah, untuk membuat 1 mobil Mushika Formula, pihak kampus mengaku menghabiskan dana Rp 690.480.000. Dana tersebut meliputi mesin, bodi, rangka, ban, power steering, radiator dan lain-lain.


Humas Mushika Formula ITB, Randianto Susilo mengatakan pihak kampus sampai saat ini masih mengumpulkan dana dari para donatur.

"Dana yang kita habiskan cukup banyak. Kita mendapatkan dari donatur," kata Randianto kepada detikOto, Rabu (14/3/2012).

Kendaraan Mushika Formula ITB wheelbase 1.625 mm yang teraplikasi 1 kursi di tengah. Rangkanya menggunakan baja ringan yang ditaksir mencapai Rp 15 juta, sementara bodi berbahan fiber glass ditaksir 30 juta.

Untuk membuat Mushika Formula ITB menyematkan mesin 600 cc dari CBR 600RR sumbangan PT Astra Honda Motor (AHM). Sama seperti yang digunakan mahasiswa dari UGM pada mobil formula Bimasakti.

Nantinya Mushika Formula ITB yang beranggotakan 17 orang tersebut menggunakan suspensi merek Kayaba depan dan belakang. Pilihan pada merek tersebut karena diakui sangat sesuai dengan bobot kendaraan yang mencapai 220 kg (belum termasuk driver).

Karena secara teknis bodinya cukup kecil, maka pelek ukuran ring 13 akan tersemat di keempat titik.

Randianto menjelaskan, komponen yang tersemat di tubuh Mushika Formula ITB akan menggunakan bahan lokal maupun impor. "Komponen kombinasi, ada yang lokal dan impor. Semuanya kita sesuaikan," tuturnya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar